Rabu, 08 Agustus 2012

Solusi Ampuh untuk penyakit Lupa

Lupa adalah sesuatu yang manusiawi dan wajar kita alami. Tetapi, kalau terus menerus lupa, bisa repot juga. Terlebih bila tengah mempersiapkan diri menghadapi ujian. Daya ingat adalah suatu proses yang sangat penting dalam menjawab soal-soal ujian. Ada banyak strategi yang bisa diterapkan agar tidak lupa dengan materi belajar. Yang jelas, jangan menggunakan strategi yang umumnya digunakan para pelajar: sistem kebut semalam!
Berikut beberapa yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan daya ingat belajar. Sebagai informasi, beberapa strategi di bawah ini telah diterapkan dalam literatur psikologi kognitif, dan menawarkan sejumlah cara untuk meningkatkan daya ingat dan retensi informasi.

  • Fokuskan perhatian Anda pada materi yang Anda pelajari. Cobalah belajar di tempat yang bebas dari gangguan, seperti televisi, musik, atau hiburan lainnya.
  • Hindari belajar dengan sistem 'kebut semalam'. Penelitian menunjukkan bahwa dengan sistem belajar yang teratur akan membuat seseorang dapat mengingat materi pembelajaran lebih baik dan lebih panjang daripada mereka yang menggunakan sistem 'kebut semalam', dengan waktu yang sangat terbatas.
  • Susun dan atur setiap informasi yang Anda pelajari. Cobalah mengelompokkan bagan-bagan atau istilah-istilah secara bersamaan pada catatan Anda.
  • Memanfaatkan perangkat mnemonik. Perangkat mnemonik merupakan alat untuk membantu ingatan/menghafal informasi.
  • Menguraikan dan melatih lagi setiap informasi yang sudah Anda pelajari. Ulangi proses ini beberapa kali, maka daya ingat Anda akan jauh lebih baik.
  • Menghubungkan informasi baru dengan hal-hal yang sudah Anda ketahui. Ketika Anda sedang mempelajari bahan asing, hubungkan informasi tersebut dengan hal-hal yang sudah Anda ketahui, dan secara tak diduga mengembangkan kemungkinan mengingat informasi yang baru dipelajari.
  • Visualisasikan informasi untuk meningkatkan daya ingat. Banyak orang mendapatkan keuntungan besar dari memvisualisasikan informasi yang mereka pelajari. Gunakan stabilo atau pena berwarna pada kelompok yang terkait dengan materi Anda.
  • Mengajarkan konsep belajar baru kepada orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengeraskan suara pada saat belajar akan meningkatkan daya ingat. Anda dapat menggunakan pendekatan ini dalam proses belajar Anda.
  • Memberikan waktu ekstra pada bagian yang sulit. Para peneliti menemukan bahwa urutan informasi dapat berperan dalam proses mengingat. Hal ini dikenal sebagai efek posisi serial. Strategi lain adalah dengan mencoba restrukturisasi informasi sehingga akan lebih mudah untuk diingat.
  • Variasikan rutinitas studi Anda. Banyak cara untuk meningkatkan daya ingat Anda, yaitu dengan sesekali mengubah rutinitas belajar. Misalnya, jika Anda belajar di malam hari, cobalah menghabiskan beberapa menit di pagi hari untuk meninjau informasi yang telah Anda pelajari pada malam sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar